Kamis, 05 Maret 2015

Kesehatan : Madu, Banyak Sekali Manfaatmu

Sudah tidak diragukan lagi manfaat madu, tidak heran kalau cairan emas ini diburu oleh manusia untuk mendapat diambil khasiatnya buat kesehatan dan kecantikan, artikel kali ini kami akan membahas tentang sifat alami madu, dan  mengapa madu asli begitu banyak manfaatnya.

1- Gizi Dari Madu Murni yang Begitu Banyak
Tahukah anda bahwa setiap satu kilo madu memiliki 3280 kalori atau sama dengan 50 telur atau sama dengan 1,68 kilogram danging atau sama dengan 5,5 gelas susu

2- Baik untuk Diet
 Madu memiliki sifat yang unik, sebagai pemanis madu lebih mudah diserap oleh tubuh daripada gula artinya madu lebih muda menjadi energi didalam tubuh manusia hal ini disebabkan karena madu dapat langsung diproses menjadi glukogen sedangkan gula masih memerlukan enzin percernaan didalam usus, nah rahasia untuk dietnya adalah fakta bahwa madu 40 persen memiliki kalori lebih rendah dibanding gula pasir meski memberi energi lebih besar daripada gula pasir sehingga madu 40 persen lebih tidak menyebabkan berat badan dibanding gula pasir.

3 – Mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun
Inilah salah satu keunikan madu, meskipun madu memiliki keasaman yang tinggi namun mudah diterima oleh perut bahkan untuk perut yang paling sensitif, bahkan madu dapat membantu usus dan ginjal untuk dapat bekerja lebih baik.

4 – 7 menit yang dibutuhkan madu untuk menjadi energi
Jika kita meminum madu dengan air hangat maka hanya dengan 7 menit madu mampu berdifusi dengan darah, inilah salah satu alasan kenapa madu sangat cepat untuk menambah stamina tubuh, bukan hanya itu saja jika kita lelah dan kosentrasi menurun cobalah mengkomsumsi madu, karena gula bebasnya sangat dibutuhkan otak yang memang pengkomsumsi gula terbesar dibanding anggota tubuh lainya.

5 – Madu Berperan Sebagai Pencegahan Masalah Pembuluh Darah
Madu memiliki energi yang luar biasa sehingga mampu untuk membantu proses pembentukan darah, selain itu madu membantu proses pembersihan serta peredaran darah, alasan inilah mengapa dengan komsumsi rutin madu setiap hari dapat mencegah kita terhadap  arteriosklerosis atau masalah pembuluh darah.

6 – Madu Sebagai Anti Biotik
Madu adalah antibiotik alami yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan patogen, ada empat alasan mengapa madu berperan sebagai antibiotik.
- Alasan pertama, gula memiliki kadar gula yang tinggi, hal ini menyebabkan bakteri tidak mampu berkembang.
- Alasan Kedua, madu memiliki ph yang tinggi hal ini menyebabkan patogen tidak dapat bertahan
- Alasan Ketiga, madu memiliki senyawa hidrogen pe-roksida yang mampu membunuh mikroorganisme patogen.
- Alasan Keempat, madu asli memiliki senyawa organik yang mempunyai karakter anti bakteri antara lain glikosida, polyphenol,flavonoid.

7 – Madu adalah ekspektoran dan desinfektan ringan
Madu berkhasiat sebagai ekspektoran mempersihkan dahak pada saluran pernafasan , selain itu mampu juga berkhasiat sebagai desinfektan ringan, oleh karena itu mampu mengobati radang tenggorokan. bukan hanya itu mampu mampu merangsang produksi air liur sehingga dapat mengobati tenggorokan yang kering ataupun teritasi.

8 – Mengobati Luka Infeksi
Madu mampu menyerap air pada luka sehingga mengurangi resiko infeksi serta membantu proses pembentukan jaringan baru, sehingga tidak heran kalau madu mampu mengobati borok, membantu pemulihan pasca operasi kanker vulva, luka jahitan bahkan pencangkokan kulit, karena pada dasarnya jaringan kulit kita secara alami memiliki kemampuan memperbaiki dirinya, nah madu berperan sebagai pembantu suksesnya kerja jaringan kulit itu sendiri

9- Memperkuat sel darah putih
Dengan minum madu teratur setiap hari maka dapat memperkuat sel darah putih yang berperan membunuh bakteri serta penyakit penyebab virus. secara spesifik lagi komsumsi madu kental dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri Candida Alba, sedangkan madu encer sekitar 40 persen dapat menjadi pembunuh bakteri atau disebut anti bakteri, bakteri bakteri yang mampu dibunuh oleh madu adalah, E. coli, Salmonella shigela dan Vibrio cholera penyebab penyakit kolera.

Madu, salah satu obat yag sudah tercantum dalam Al-Quran



Dalam ayat-68-69 surah An-Nahl, Allah Swt. berfirman: “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia….”(QS. An-Nahl [16]: 68-69) Ayat tersebut secara jelas menggambarkan bahwa kepantasan lebah menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran itu disebabkan manfaat yang bisa diperoleh dari lebah tersebut, yakni berupa madu yang dapat dijadikan sebagai obat. Pada awalnya mungkin banyak orang yang tidak yakin bahwa madu bisa menjadi obat. Namun, dalam perkembangannya kemudian, para ahli kedokteran telah membuktikan bahwa madu memang bisa dijadikan obat.




Pustaka :
https://www.islampos.com/ternyata-madu-sebagai-obat-sudah-tercantum-dalam-al-quran-95634/
http://istanamadu.com/manfaatmadu2/  

0 komentar:

Posting Komentar